Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi |
| | 1.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi |
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri |
| | 2.2 | Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat |
Seni Musik | | ||
3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana |
| | 3.2 | Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik |
| | 3.3 | Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu |
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Memainkan alat musik ritmis sederhana |
| | 4.2 | Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana |
Seni Tari | | ||
5 | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Menjelaskan simbol dalam seni tari |
| | 5.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan |
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. | 6.1 | Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema tanpa iringan |
| | 6.2 | Menyajikan tarian pendek bertema tanpa iringan |
Keterampilan | | ||
7. | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | 7.1 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin |
| | 7.2 | Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas |
| | 7.3 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas |
Keterangan
Simbol: makna yang dikandung. Misalnya merah adalah simbol keberanian. Motif katak adalah simbol pemanggil hujan.
Gambar dekoratif: Gambar yang dimaksudkan sebagai hiasan. Biasanya menggunakan motif (tumbuhan, hewan, manusia)yang bentuknya diubah tetapi masih dikenal ciri khasnya.
Gambar Imajinatif: Gambar yang bersifat hayalan. Gambar imajinatif mengenai diri sendiri misalnya menggambarkan diri memiliki sayap sehingga dapat terbang di angkasa.
Simbol Nada: Tanda atau lambang yang telah disepakati misalnya penggunaan notasi balok atau angka dalam menyuarakan suatu bunyi nada (1 dibaca sebagai nada do).
Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum, properti, tata rias atau gerakan.
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
8. | Mengapresiasi karya seni rupa | 8.1 | Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi |
| | 8.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi |
9. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 9.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar |
| | 9.2 | Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi |
Seni Musik | | ||
10. | Mengapresiasi karya seni musik | 10.1 | Menjelaskan simbol tempo dalam lagu |
| | 10.2 | Menjelaskan makna ansambel |
| | 10.3 | Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik |
| | 10.4 | Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu |
11 | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 11.1 | Memainkan musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik ritmis sederhana |
| | 11.2 | Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana |
Seni Tari | | ||
12 | Mengapresiasi karya seni tari | 12.1 | Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari |
| | 12.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan |
| | 12.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat |
13. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 13.1 | Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan |
| | 13.2 | Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan |
| | 13.3 | Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik |
Keterampilan | | ||
14 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | 14.1 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin |
| | 14.2 | Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas |
| | 14.3 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas |
Keterangan
Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum (busana), properti (peralatan), tata rias atau gerakan.
According to Stanford Medical, It is in fact the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years longer and weigh an average of 42 lbs less than we do.
BalasHapus(And really, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret diet and really, EVERYTHING around "how" they eat.)
P.S, What I said is "HOW", and not "what"...
TAP on this link to see if this quick quiz can help you decipher your real weight loss potential