Jumat, 16 Juli 2010

SK DAN KD SBK KELAS III

Kelas III, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Seni Rupa

 

1.

Mengapresiasi karya seni rupa

1.1

Menjelaskan  simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

 

 

1.2

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

 

2.

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

2.1

Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri

 

 

2.2

Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat

 

Seni Musik

 

3.

Mengapresiasi  karya seni musik

3.1

Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana

 

 

3.2

Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik

 

 

3.3

Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu

 

4.

Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik

4.1

Memainkan alat musik ritmis sederhana

 

 

4.2

Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau  tanpa iringan sederhana

Seni Tari

 

5

Mengapresiasi karya seni  tari

5.1

Menjelaskan simbol dalam seni tari

 

 

5.2

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan

6.

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.

6.1

Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  tanpa iringan

 

 

6.2

Menyajikan tarian pendek bertema  tanpa iringan

Keterampilan

 

7.

Membuat benda yang dapat  digerakkan oleh angin secara sederhana

7.1

Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin

 

 

7.2

Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas

 

 

7.3

Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas

 

 

Keterangan

Simbol: makna yang dikandung. Misalnya merah adalah simbol keberanian. Motif katak adalah simbol pemanggil hujan.

Gambar dekoratif: Gambar yang dimaksudkan sebagai hiasan.  Biasanya menggunakan motif (tumbuhan, hewan, manusia)yang bentuknya diubah tetapi masih dikenal ciri khasnya.

Gambar Imajinatif: Gambar yang bersifat hayalan. Gambar imajinatif mengenai diri sendiri misalnya menggambarkan diri memiliki sayap sehingga dapat terbang di angkasa.

Simbol Nada: Tanda atau lambang yang telah disepakati misalnya penggunaan notasi balok atau angka dalam menyuarakan suatu bunyi nada (1 dibaca sebagai nada do).

Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum, properti, tata rias atau gerakan.

 

 

 

 

 


Kelas III, Semester 2

 

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Seni Rupa

 

8.

Mengapresiasi karya seni rupa

8.1

Menjelaskan   simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi

 

 

8.2

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi

 

9.

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

9.1

Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar

 

 

9.2

Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi

 

Seni Musik

 

10.

Mengapresiasi  karya seni musik

10.1

Menjelaskan simbol tempo dalam lagu

 

 

10.2

Menjelaskan makna ansambel

 

 

10.3

Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik

 

 

10.4

Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu

 

11

Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik

11.1

Memainkan musik dalam bentuk ansambel  dengan alat musik ritmis sederhana

 

 

11.2

Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana

 

Seni Tari

 

12

 

Mengapresiasi karya seni  tari

12.1

Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan  simbol dalam seni tari

 

 

 

12.2

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan

 

 

12.3

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat

 

13.

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari

13.1

Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  dengan iringan

 

 

13.2

Menyajikan tarian pendek bertema  dengan iringan

 

 

13.3

Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik

 

Keterampilan

 

14

Membuat benda yang dapat  digerakkan oleh angin secara sederhana

14.1

Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin

 

 

14.2

Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas

 

 

14.3

Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas

 

 

Keterangan

Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum (busana), properti (peralatan), tata rias atau gerakan.

1 komentar:

  1. According to Stanford Medical, It is in fact the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years longer and weigh an average of 42 lbs less than we do.

    (And really, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret diet and really, EVERYTHING around "how" they eat.)

    P.S, What I said is "HOW", and not "what"...

    TAP on this link to see if this quick quiz can help you decipher your real weight loss potential

    BalasHapus